Senin, 27 Januari 2014

Tips Berlibur ke Kota Batu, Malang, Jawa Timur

Akhir tahun lalu, saya sekeluarga berlibur ke Kota Batu, Malang. Kisah liburannya bisa diintip disini lho..Liburan selama 3 hari 2 malam tersebut ternyata cukup menuras tenaga dan biaya, hehehe..apalagi pada saat itu kami belum banyak tahu tentang kota tujuan kami. Bahkan,kami belum sempat booking hotel, karena semua hotel yang kami tellfon dari Jogja berstatus full booked. 
Nah, sedikit tips ini mungkin bisa membantu siapa saja yang berminat berlibur ke Kota Batu, Malang :
1. Tujuan wisata
Ada banyak lokasi tujuan wisata di Kota Batu, yang sudah terkenal tentu saja Selekta dan kebun apel. Selain itu, yang wajib dikunjungi dan berdekatan, adalah JatimPark 2 dan Batu Night Spectaculer (BNS). Dalam area Jatim Park 2 ada tiga area yang berbeda, yaitu Eco Green Park, Batu Secret Zoo, dan Zoo Museum. Sedangkan BNS isinya adalah arena bermain dan lampion garden yang indah, cocok untuk yang suka narsis foto-foto dg lampion aneka bentuk.
Saran saya, ketika menunjungi JatimPark 2 lebih baik kunjuni salah satu area saja, sehingga bisa puas menikmati seharian krn menurut pengalaman jika menunjungi EGP dan zoo-nya dalam sehari dijamin bikin betis bengkak dan juga tidak bisa menikmati seluruh wahana edukasi dan permainan yang ada di dalamnya.
Tentu saja, resiko berlibur saat musim liburan adalah macet dan ramai, jadi siap-siap juga agak bermacet-macet ria. 
2.Penginapan atau hotel
Jika bepergian dengan kendaraan pribadi,lebih baik mencari hotel di pusat kota daripada menginap di penginapan-penginapan kecil sekitar area wisata. Di sekitar stasiun kereta, ada beberapa hotel yang tarifnya cukup murah, apalagi bila dipakai rombongan. Tarifnya mulai dari 150ribu hingga 400ribu. Selain pelayanannya juga pelayanan standar hotel, menginap di pusat kota lebih memudahkan kita untuk mencari makanan dg harga standar. Sedangkan di sekitar area wisata, harga makanan tentu jauh lebih mahal, porsinya lebih sedikit, dan seringkali rasanya tidak terlalu enak.
3. Transportasi
Memang lebih nyaman jika menggunakan mobil pribadi, tetapi dg kereta pun juga asyik. Kami berangkat dari Jogja dg kereta ekonomi Malabar. Meski ekonomi, tapi harganya ternyata lumayan mahal 210ribu. Tips dari petugas loket,lebih baik memesan tiketnya mepet-mepet tanggal berangkat saja, karena harganya bisa jauh lebih murah. Yah, saat itu kami berangkat ber-tujuh, sehingga memesan tiket mepet tentu sangat riskan, tapi memang ketika kami cek harga tiket, sehari sebelum keberangkatan harganya sudah turun 50%..
Untuk transportasi di Malang, taksi menjadi pilihan yang paling mudah,apalagi kalau pergi berombongan tentu jatuhnya jadi lebih murah. Gunakan taksi ber-argo karena sekali lagi tarifnya jauh lebih murah dibanding taksi plat hitam tanpa argo. Kalau ingin naik angkot pun bisa, banyak angkot dari pusat kota Malang menuju Kota Batu dan tarifnya 3ribu - 4ribu perorang.
4. Barang bawaan
Siapkan pakaian hangat dan payung atau jas hujan. Intensitas hujan di Kota Batu cukup tinggi, terkadang menurut penduduk setempat, musim kemarau pun tak pasti juga tak hujan. Apalagi saat musim hujan, hujan  bisa turun seharian tanpa ampun.
Siapa saja yang ingin ke Kota Batu, segera bersiap dan jangan lupa tips-tips di atas. Jangan lupa juga ngajakin yang kasih tips ni :)
Selamat berlibur!!    

0 komentar:

Posting Komentar