Jumat, 20 Desember 2013

Nasi kuning yasinan

Malam jum'at mengajuka diri jadi relawan penyedia makanan kecil di yasinan ibu-ibu. Saya yang belum lama pindah ke perumahan baru memang belum pernah kebagian jatah.
Sebagai rumah tangga dg pennghasilan serba cukupan, setiap memiliki hajat saya tentu saja tidak bisa lgsg tunjuk pesan ini pesan itu, apalagi harga makanan kecil di Ungaran terbilang lebih mahal drpd di Jogja. Dan untuk kesekian kalinya saya harus putar otak, krn persediaan uang bulanan juga sudah mepet pet..
Dulu awal2 penganten baru da pindah ke Ungaran, suami didapuk jd tuan rumah arisan bapak-bapak. Menurut pengalaman suami makanan dlm arisan terbilang berlimpah. Tidak cukup cuma makanan kecil, tp juga makan malam, padahal saat itu keuangan kami masih kembang kempis (skrg jg masih kok..hehe). Akhirnya kami putuskan masak sendiri, dan 40 porsi gado-gado, buah potong, gorengan martabak dan puding pun tersaji denga budget kurang hanya 200ribu. Kurang dr setengah harga jika kami memesan semuanya.
'Hajatan' kedua, ya gantian saya yg didapuk jd tuan rumah arisan ibu-ibu, dan lagi-lagi saat keuangan lg krisis. Memang hanya makanan kecil saja, tp biasanya ada 4 jenis makanan dlm satu kardus. Tanpa ragu saya bilang ke suami mau masak sndiri. Awalnya suami tdk setuju krn saat itu si kecilbaru berusia 5 bulan dan lagi manja2nya, minta gedong trs, khawatir makanan mlh tidak matang. Ya, sayapun agak khawatir, tp kodisi dompet lbh mengkhawatirkan..Akhirnya memang hanya 2 jenis makanan yg saya buat, goreng emping pemberian teman suami :p dan lagi2 bikin puding, tp sekalipun begitu tetap saja kami mengirit lebih dr 100rb.
Hajatan ketiga ya pas pindahan ke rumah baru, pengajian utk tetangga sekitar dan juga mengundang tetangga dari rumah konttrakan dulu plus bulek sekeluarga yg juga tinggal di Ungaran. Kalau dihitung2 kami butuh 70 kardus makanan kecil dan juga makan siangnya..Pindah rumah baru berarti kami baru sj mengeluarkan cukup bny uang utk mbangun, belum lg saat itu suami sdg persiapan studinya di Korea, putar otak lagi deh.. Alhamdulillah mertua menelfon dan akan membawa makanan kecil dari Jogja, kami tinggal menyediakan makan siangnya. Saat hitung2 dan cari pesanan, ternyata minimal kami keluar uang 900ribuan, haduh..haduh..ga sanggup. Dan masak sendiri adalah jalan keluarnya, meski suami tidak terlalu yakin krn lagi2 si kecil yg mulai aktif jd pertimbangan. Alhamdulillah ada pembantu tetangga yg bisa bantu masakin nasi dan goreng krupuknya, krn acara kami adakan hari ahad dan beliau sdg libur momong.
Dan dengan budget 400ribuan kami berhasil membuat 70 kardus makan siang dg lauk semur ayam, telur pindang rebus, kering tempe, gudangan dan krupuk. Nyam nyam nyam dompet pun aman :)
Hajatan selanjutnya ya makanan untuk yasinan, kali ini suami tdk setuju saya mau masak sendiri krn saya cm berdua dg si kecil yg sedang penasaran dg bny hal, suka ngrecoki emaknya, dan lg belajar jalan. Tapi lagi2 dompet tdk bisa ditipu. Hari rabu saya baru memutuskan akan menggoreng tahu bakso yg kebetulan per biji memntahnya cuma enam ratus rupiah, dan sy mau bikin puding favorit juga menggoreng makaroni. Tp hujan terus2a turun sehingga tdk memungkinkan sy belanja bahan puding dan makaroni di hari rabu. Tp rabu malam 'hidayah'pun turun, suami bialng kalo saya sebisa mungkin secepatnya ke Jogja krn ujian tahap 2 CPNS yg saya ikuti mungkin akan dilaksanakan  minggu depan, ya biar sy tdk buru2. Padahal sy masih punya bny bahan makanan, ada beras, telur, tempe, udang, timun,dsb deh. Krn tinggal sendirian, sy tdk mngkin meninggalkan bahan mentah, pengalamn sebelumnya pasti akan berjamur atau malah membusuk. Dan tanpa bilang suami saya memutuskan utk membuat nasi kuning dg bahan2 tsb, sekalipun agak ragu juga sih apabisa Fatih disambi masak nasi kning 25 porsi..
Alhamdulillah, Fatih kok ya anteng2 wae, dan (sayangnya) dia dimomong sm televisi. Saya keluarkan semua mainannya dan saya setelkan tivi yg seharian menayangkan kartun. Fatih hanya sesekali merengek, dan saya masih bisa nyambi masak sambil gendong. Sebelum maghrib 25 pporsi nasi kuning pu tersaji dan saya hanya mengeluarkan uang tambahan 17ribu saja. Ibu-ibu yasinan pun keheranan krn tahu saya masak sendiri, kok yo sempat2nya. Kebetulan juga hari kamis tersebut pas dg weton Fatih, kamis pahing. Dan sayapun berdalih nasi kuning tasaykuran wetonnya. hehehe..
Yah, jd ibu-ibu memang hrs selalu kreatif dan bisa ngatur keuangan. Siapa tahu suatu saat nanti bisa buka catering, hehehehe..sdh terbukti kok :)

0 komentar:

Posting Komentar